Rekomendasi Terbaik

Monday, March 5, 2018

Cara Menghilangkan Karat Pada Komponen Motor

Menghilangkan karat pada motor - Bagaimana cara menghilangkan karat pada komponen motor ? Mengingat komponen pada sepeda motor seperti rangka motor, velg motor, stang motor, shock motor dan juga knalpot yang sebagian terbuat dari besi membuat untuk munculnya karat pada bagian tersebut. Terlebih lagi jika motor sering terkena air laut maupun hujan yang tidak segera dibersihkan, maka sangat terdapat kemungkinan untuk timbulnya karat pada bagian part motor tersebut. Oleh karena itu jika motor kita memang sering terkena air laut maupun hujan alangkah lebih baiknya jika kita sesegera mungkin untuk mencucinya, dengan tujuan agar kita tidak mengalami kesulitan ketika hendak membersihkan karat pada bagian motor tersebut di kemudian hari.

Cara Menghilangkan Karat Pada Komponen Motor
Cara Menghilangkan Karat Pada Komponen Motor
Penggunaan ampelas sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada sepeda motor merupakan hal yang sering dilakukan oleh sebagian banyak orang. Padahal cara tersebut sebenarnya tidak dianjurkan untuk menghilangkan karat yang ada karena tidak semua komponen motor memiliki ketebalan yang sama. Lantas bagaimana cara menghilangkan karat pada motor secara alami ?

Bagaimana cara menghilangkan karat pada sepeda motor? Sebagian besar komponen-komponen penyusun sepeda motor terbuat dari besi. Oleh karena itu, sangat mungkin body kendaraan ini berkarat terutama apabila lapisan anti-karatnya sudah mulai luruh. Hal ini biasanya terjadi akibat sepeda motor sering terkena hujan dan tidak langsung dibersihkan segera. Perlu diketahui, air hujan bersifat asam sehingga dapat mengikis lapisan anti-karat secara perlahan.

Kebanyakan orang menghilangkan karat dengan menggunakan ampelas. Padahal metode ini sangat tidak dianjurkan karena bisa mengikis struktur besi, termasuk bagian-bagian motor yang sebenarnya tidak berkarat. Sayang sekali kan apabila kerangka kendaraan kesayangan anda tersebut menjadi tipis dan ringkih?

Nah, di bawah ini adalah teknik-teknik ala Pyurio yang bisa anda coba guna menghilangkan karat yang menempel pada sepeda motor :

Cairan Penghilang Karat

Teknik pertama adalah menggunakan cairan yang memang ditujukan untuk menghilangkan karat besi. Biasanya, cairan ini dijual di toko otomotif dan toko bangunan. Bentuknya berupa botol spray dengan cara pemakaian disemprotkan ke permukaan besi yang berkarat. Harga per botolnya berkisar antara Rp15.000 - Rp20.000.

Sebelum menggunakan cairan ini, sebaiknya komponen motor yang berkarat dicuci dahulu sampai bersih. Kemudian, semprotkan cairan ini tepat pada karat dan tunggu beberapa saat agar cairan bekerja. Lalu, sikat komponen tersebut sampai karat-karat yang menempel terkikis semuanya. Terakhir, jangan lupa bilas kembali dengan air bersih dan keringkan.

Asam Klorida

Untuk solusi penghilang karat yang lebih murah, anda bisa menggunakan larutan Asam Klorida (HCl). Umumnya, larutan ini dijual bebas di toko kimia dan supermarket bagian produk pembersih. Harga per kemasannya antara Rp5.000 - Rp10.000.

Sebelum menggunakan cairan ini, kenakanlah sarung tangan dan masker karena asam klorida bersifat korosif dan beracun. Tuangkan beberapa tetes larutan ini ke dalam mangkuk kecil, lalu oleskan ke komponen motor yang berkarat memakai sikat gigi. Tunggu sekitar 10-15 menit agar cairan HCl tersebut bekerja. Anda bisa menyikatnya perlahan untuk memastikan semua karat telah luntur. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan kembali.

Air Soda

Karena bersifat basa, air soda dipercaya dapat dipakai untuk menghilangkan karat. Namun air soda yang dipilih sebaiknya air yang masih murni dan belum ditambahi gula. Teknik ini paling manjur digunakan untuk membersihkan karat-karat yang menempel di bagian velg motor.

Adapun caranya masih sama seperti kedua teknik di atas. Pertama, bagian velg perlu dibersihkan dahulu dengan air sabun. Kedua, bersihkan sekali lagi velg tersebut menggunakan air soda dan gosok memakai sikat. Ketiga, bilaslah komponen motor ini sampai bersih dan lap sampai kering.

Agar komponen-komponen sepeda motor yang telah dibersihkan tidak berkarat lagi, direkomendasikan untuk mengaplikasikan cat anti-karat pada permukaan komponen tadi. Pilih warna cat yang bening atau sesuai dengan warna komponen agar keindahan sepeda motor tetap terjaga. Selamat mencobanya sendiri dan semoga berhasil!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Facebook