Rekomendasi Terbaik

Tuesday, January 1, 2019

Hyundai Sonata YF, Sang Pencuri Perhatian di Jalan Raya




Awal 2010 adalah masa-masa revolusioner untuk produk-produk otomotif asal Korea Selatan. Citra mobil Korea yang dulunya kerap dicap membosankan dan apa adanya perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Produsen-produsen Korea mulai berpikir serius berbagai cara agar produk mereka dapat bersaing dengan nama-nama besar dari Jepang, Eropa dan Amerika Serikat dan diterima masyarakat dunia luas.

Akhirnya, merk-merk mobil Korea seperti Hyundai dan Kia mulai merekrut developer-developer otomotif eks-produsen kelas atas Eropa seperti BMW dan Audi dan dengan bantuan merekalah teknologi serta desain milik Hyundai atau Kia dirombak total. Salah satu produk Hyundai yang terlebih dahulu menikmati hasil revolusi ini adalah Hyundai Sonata YF.

Sekilas Tentang Hyundai Sonata YF

Hyundai Sonata YF adalah generasi ke-enam dari sedan entry-level executive andalan Hyundai ini. Diluncurkan pada ajang Los Angeles Auto Show 2009 dan mulai dipasarkan pada tahun 2010, Sonata YF adalah saudara dari Kia Optima K5. Hyundai Sonata YF adalah salah satu model pertama Hyundai bersama dengan SUV Tucson yang mengusung bahasa desain terbaru Hyundai “Fluidic Sculpture.” Hal ini membuat eksteriornya modern, aerodinamis dan futuristik, sementara itu interiornya berasa mewah dengan tarikan garis halus memanjang yang mendominasi setiap fitur interiornya.

Eksterior


Bahasa desain “Fluidic Sculpture” milik Hyundai membuat Sonata YF terasa mewah dan aerodinamis. Bahkan ketika awal muncul di publik, kehadiran Sonata YF membuat khalayak sedikit shock sambil percaya tidak percaya bahwa itu adalah mobil Korea. Hal itu dibuat lebih kental dengan desain lampu depan dan lampu rem belakang yang menyipit pada ujungnya. Grillenya pun juga tak kalah elegan yang hadir dengan bentuk bagaikan senyuman lebar dan dihiasi oleh chrome pada kisi-kisi ventilasi udaranya. Kesan mewah juga semakin erat dengan keberadaan panoramic sunroof yang memanjang dari kaca depan hingga kaca belakang. Dengan desain yang sarat akan nilai-nilai estetika ini, bagaimana tidak Sonata YF mencuri perhatian para pengguna jalan?

Interior


Seperti eksteriornya, interior Sonata YF juga hadir dengan konsep desain senada yang membuatnya mewah dan elegan. Keeleganan terlihat juga dari penataan elemen-elemen dashboard yang begitu rapi dan serasi, terutama tombol-tombolnya. AC controllernya sudah mengadopsi model digital, setir dilengkapi dengan tombol-tombol audio control dan cruise control serta terdapat layar display kecil ditengah dashboard yang lazim ditemukan di sedan-sedan eksekutif asal Eropa.  Speedometernya pun beraksen biru putih, dan dilapisi oleh cincin-cincin chrome yang mempertahankan kesan kelas atas. Sementara itu, material utama jok Sonata YF adalah kulit dan khusus jok pengemudi dan penumpang depan dibekali fitur electric seat.

Mesin


Kemudian untuk urusan dapur pacu, Sonata YF dipersenjatai oleh mesin Theta II DOHC berkapasitas 2400cc. Inilah data mengenai spesifikasi teknis Hyundai Sonata YF.
§  Mesin – Theta II DOHC
§  Kapasitas – 2400cc
§  Tenaga Maksimum – 176HP/6000RPM
§  Torsi Maksimum – 223Nm/4000RPM
§  Suspensi Depan/Belakang – MacPherson strut/multilink
§  Konsumsi BBM – 10.8l/100km
§  Jenis BBM – RON 95

Harga

Hyundai Sonata YF kini sudah tak lagi diproduksi, dan harga sekennya berkisar antara Rp180-200 juta. Dengan wujud dan fitur yang ditawarkan, jelas Sonata adalah pilihan yang sangat menarik. Kalau kamu merasa bahwa sedan eksekutif entry-level asal Jepang seperti Toyota Camry, Honda Accord atau Nissan Teana sudah terlalu mainstream, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk tampil beda dengan mobil ini. Cuma perlu dicatat bahwa unitnya cenderung tidak banyak dan suku cadang sedikit lebih mahal dan langka dibandingkan produk-produk Hyundai lainnya.

Baca juga >> mobil sedan irit bbm

Share:

Facebook